Cara Install Database Server mengunakan Phpmyadmin di debian 8






Server basis data adalah sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengelolaan basis data dan melayani komputer atau program aplikasi basis data yang menggunakan model klien/server. Istilah ini juga merujuk kepada sebuah computer (umumnya merupakan server) yang didedikasikan untuk menjalankan program yang bersangkutan. Sistem manajemen basis data (SMBD) pada umumnya menyediakan fungsifungsi server basis data, dan beberapa SMBD (seperti halnya MySQL ) sangat bergantung kepada model klien-server untuk mengakses basis datanya.
Database adalah tempat dimana kalian meletakkan file-file data yang diperlukan oleh sebuah website ataupun aplikasi. Berhubung pada saat ini hampir seluruh website sudah berwujud dinamis yang pastinya membutuhkan database, maka kalian juga perlu menginstall sebuah Database Server sebagai lanjutan dari penginstalan Web Server di pembahasan sebelumnya.
Aplikasi database yang cukup sering digunakan adalah Mysql dikarenakan kestabilan, kehebatannya dan yang pastinya gratis.

Langkah langkah installasi :
Ketikan perintah “apt-get install mysql-server mysql-client”


Password baru untuk Mysql dari user root


Masukan kembali passwordnya


Setelah itu install phpmyadmin untuk menggunakan database server dengan GUI di webbrowser.

Ketikan perintah “apt-get install phpmyadmin” untuk menginstall phpmyadmin

Pilih “apache2”
 YES

Masukan password MySQL untuk phpmyadmin



  Password dari database admin user

Masukan password untuk confirmasi

Lalu masuk ke ipserver/phpmyadmin .misal "192.168.39.2/phpmyadmin"





Comments

Popular Posts