Cara Membuat File Sharing menggunakan ownCloud di debian 8

Pengertian:  Owncloud merupakan sebuah prusahhan dengan proyek yaitu Owncloudprojek .Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas bebas dan gratis seperti DropBox, menyediakan perangkat yang baik , mempunyai tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk berbagi dan mengakses data secara lancar terintergrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuany mengamankan,melacak dan melaporkan pengguna data. 

Owncloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan menawarkan penyedia layanan,pusat dan bagian transmisi yang berfungsi  untuk menyediakan solusi singkronisasi dan berbagi bagi pengguna. Owncloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau webdav.

   Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/OwnCloud.

Install ownCloud :

Pertama install ownnCloud dengan Terminal atau situs web resminya.
Saya sudah mendownload ownCloud , misal saya tempatkan di /

home/cms/owncloud
Sebelum meng-ekstrak kita instal dulu "apt-get install unzip". Ekstrak dengan menggunakan perintah "unzip (file yang ingin anda ekstrak)" tunggu sampai selesai.


Lalu copy folder owncloud (hasil ekstrak tadi) ke folder html "cp owncloud /var/www/html -R"

Masuk ke folder html dengan cara "cd /var/www/html" lalu ketikan perintah "chown -R www-data:www-data owncloud" dan "chmod -R 755 owncloud"
Lalu buka webrowser anda, masuk ke phpmyadmin. Login dan buat data base owncloud. settingannya default.


Masuk dengan ip server anda/owncloud ,misal "192.168.39.2/owncloud" tampilannya akan seperti ini

Register, dan selesai


Comments

Popular Posts