Cara Membuat Website dengan Wordpress di debian 8

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).Selain sebagai blog, WordPress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. WordPress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi. Nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck, teman Matt Mullenweg. WordPress saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama seperti CNN, Reuters, The New York Times, TechCrunch, dan lainnya.
Rilis terbaru WordPress adalah versi 4.1.1 (18 Februari 2015). WordPress didistribusikan dengan Lisensi Publik Umum GNU.
Langkah - langkah installasi wordpress :

Kita harus mendownload wordpress.zip terlebih dahulu menggunakan perintah "wget (link url)" cara paste linknya ,jika menggunakan terminal dari linux tinggal di klik kanan paste/CTRL+SHIFT+V dan jika menggunakan windows dengan menggunakan Putty klik kanan saja.

 Saya mendownload wordpressnya langsung di folder /var/www/html
Kita akan meng extract menggunakan perintah unzip, sebelum men extract kita harus menginstal unzipnya dengan perintah "apt-get install unzip"


setelah itu masuk ke folder "cd /var/www/html"
 
ls untuk melihat isi folder, kita extract wordpressnya "unzip (nama filenya)"
Jika sudah selesai meng extract wordpressnya, kita beri chmod dan chown
chmod -R 755 wordpress
chown -R www-data:www-data wordpress
Lalu kita buka web browser, sebelum kita install wordpress buat databasenya terlebih dahulu. Masuk ke IPserver/phpmyadmin. Masuk dan buat database "wordpress"





Jika sudah, langsung masuk ke ipserver/wordpress dan tampliannya akan seperti ini
disini kita memilih bahasa.


Nah disini , Jika nanti gagal instalasi wordpressnya copy wp-config-sample.php menjadi wp-config.php. JIKA TIDAK ADA MASALAH JANGAN MENGCOPY WP-CONFIG-SAMPLENYA. INI DITUJUKAN JIKA ADA MASALAH.
 Masukan nama database, username database(phpmyadmin) dan passwordnya, database host dan prefix-nya default

Jika tampilannya seperti ini, konfigurasi database di langkah atas berhasil




Isi seperti yang anda inginkan
Berhasil, login dan akan masuk ke tampilan admin,





Selesai, tinggal di kembangkan sesuai keinginan.




Comments

Popular Posts